"In House Training (IHT) dalam Kurikulum Merdeka: Penguatan Guru untuk Pendidikan yang Bermakna di SD Negeri 1 Kalianget"

Selamat datang di SD Negeri 1 Kalianget yang membahas In House Training (IHT) dalam konteks Kurikulum Merdeka. Yang akan Di Sampaikan Oleh Bpk. MUHAMMAD ANWARUDIN, M.Pd.  Dalam Kegiatan ini, kami akan menjelaskan tentang pentingnya IHT dalam memberikan penguatan kepada guru dalam menghadapi tantangan dan implementasi Kurikulum Merdeka yang inovatif.
Kurikulum Merdeka adalah pendekatan pendidikan yang memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal dan karakteristik siswa. Dalam konteks ini, IHT menjadi alat yang efektif dalam memberikan pelatihan dan penguatan kepada guru agar mereka dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan baik.
Dalam Kegiatan IHT ini, kami akan membahas bagaimana IHT dapat mendukung para guru dalam memahami esensi dan prinsip dasar dari Kurikulum Merdeka. Kami akan menjelaskan tentang bagaimana guru dapat mengadaptasi kurikulum yang berpusat pada peserta didik, memberikan fleksibilitas, mengintegrasikan aspek lokal, dan memperkuat pembelajaran yang bermakna.
Selain itu, kegiatan ini akan membahas topik-topik pelatihan yang relevan dalam IHT untuk mendukung Kurikulum Merdeka, seperti pengembangan kurikulum lokal, penggunaan teknologi pendidikan, penerapan pendekatan berbasis proyek, penilaian autentik, dan pengembangan keterampilan abad ke-21.
Kami juga akan membahas manfaat IHT dalam konteks Kurikulum Merdeka. Bagi guru, IHT memberikan kesempatan untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka, mengembangkan keterampilan pengajaran yang inovatif, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang berarti bagi siswa. Sementara itu, sekolah dan sistem pendidikan mendapatkan manfaat dengan memiliki guru yang siap menghadapi perubahan, mampu mengembangkan kurikulum yang relevan, dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Kami akan membahas strategi implementasi IHT dalam Kurikulum Merdeka, termasuk perencanaan pelatihan, pembentukan tim pengembangan kurikulum, kolaborasi antar guru, dan pengukuran keberhasilan pelatihan. Kami juga akan memaparkan contoh kasus dan studi penelitian yang menunjukkan efektivitas IHT dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Akhirnya, kami akan menyimpulkan kegiatan IHT ini dengan menekankan pentingnya peran IHT dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Kami akan menyoroti betapa IHT dapat menjadi instrumen yang kuat dalam memberdayakan guru untuk menciptakan pendidikan yang relevan, bermakna, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era yang terus berubah.
Bergabunglah dengan kami dalam perjalanan ini saat kami mengeksplorasi konsep IHT dalam konteks Kurikulum Merdeka, memperoleh wawasan yang berharga tentang pendidikan yang berpusat pada peserta didik, dan mendiskusikan strategi praktis untuk menguatkan guru dalam mencapai visi pendidikan yang lebih inklusif dan bermakna. Bersiaplah untuk mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru yang dapat Anda terapkan dalam membangun pendidikan yang lebih baik untuk generasi masa depan.
Tutor : In House Training (IHT) Bpk. MUHAMMAD ANWARUDIN, M.Pd