PEMERIKSAAN SWAB ANTIGEN SISWA DAN GURU SDN 1 KALIANGET

Sebanyak 30 orang peserta didik dan 10 Pendidik SD Negeri 1 Kalianget mendapatkan pemeriksaan sampel Swab Antigen Covid-19 secara acak yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Puskesmas Banyuglugur, Rabu (1/12/2021).

Bertempat di aula SDN 1 Kalianget, pemeriksaan tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Banyuglugur, Babinsa TNI selaku satgas Covid-19 wilayah kecamatan, dan sejumlah Guru SDN 1 Kalianget mendampingi peserta didik.

Dikonfirmasi humas terkait pemeriksaan Swab Antigen tersebut, Kepala Puskesmas Banyuglugur  menjelaskan, bahwa pemeriksaan Swab Antigen kepada peserta didik dan sebagian pendidik merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Situbondo, untuk mengevaluasi sejumlah satuan pendidikan baik sekolah dan madrasah yang sudah menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) maupun yang masih dalam tahap persiapan PTM.

“Upaya tes antigen bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi satuan pendidikan yang sudah melaksanakan PTM maupun tengah bersiap menyelenggarakan PTM. Jenis Swab yang digunakan yakni Antigen. Kelebihan tes Swab Antigen adalah hasilnya dapat terdeteksi dalam waktu kurang dari 15 menit,” terang Kepala Puskesmas Banyuglugur.

"Sasaran dari tes Swab Antigen ini yakni 30 peserta didik dan 10 Pendidik yang sudah menjalani vaksinasi sebelumnya, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Kemudian, dipilih secara random sebagai sampel dari masing-masing sekolah atau madrasah," imbuh Ibu Esti Kepala Puskesmas Banyuglugur.


“Alhamdulillah, dari hasil tes yang dilakukan, seluruh peserta didik dan Pendidik yang menjadi sampel menunjukkan hasil negatif. Tentunya kami selaku pihak Sekolah sangat bersyukur jika peserta didik kami sehat dan bebas dari virus Covid-19," ungkap Bpk Priyanto selaku Kepala SDN 1 Kalianget.

"Namun saya mengingatkan kepada peserta didik yang telah dinyatakan negatif covid-19 tadi, agar tidak terlena dan tetap konsisten menaati prokes selama berada di lingkungan Sekolah. Dan semoga dengan adanya kegiatan ini, semakin membuka kesempatan bagi Sekolah di Kab. Situbondo memperoleh ijin melaksanakan PTM masuk full 100%,” tutup Bpk Priyanto.