SD NEGERI 1 KALIANGET "SEKOLAH PENGGERAK"

Prestasi membanggakan diraih oleh SDN 1 Kalianget, melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor 6555/C/HK.00/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak, SDN 1 Kalianget ditetapkan sebagai salah satu di seluruh Indonesia sebagai Pelaksana Program Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan katalis visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.
Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program ini dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Penggerak.

Kepala Sekolah harus melalui 2 tahap seleksi untuk mengikuti Program Sekolah Penggerak ini. Seleksi tahap 1, yaitu: pendaftaran, pengisian biodata (CV), pengisian esai, unggah dokumen. Sekolah yang dinyatakan lolos di tahap 1 berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya. Seleksi tahap 2 berupa simulasi mengajar dan wawancara.
Ada 10 kriteria seleksi yang harus dipenuhi kepala sekolah sehingga sekolahnya ditetapkan sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak yaitu memiliki tujuan/misi, mampu mengambil keputusan strategis, mampu memimpin perubahan, memiliki kemampuan melaksanakan pelatihan dan pembimbingan, mampu membangun hubungan kerjasama, memiliki orientasi belajar, memiliki daya juang/resiliensi, memiliki kematangan beretika, mampu memimpin implementasi, mampu mendorong inovasi
Tentunya bagi sekolah banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti Program Sekolah Penggerak ini, yaitu: meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu 3 tahun ajaran, percepatan digitalisasi sekolah, percepatan pencapaian profil Pelajar Pancasila, meningkatnya kompetensi kepala sekolah dan guru, kesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi sekolah lain, mendapatkan pendampingan intensif untuk transformasi sekolah, dan memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian bahan ajar bagi pembelajaran dengan paradigma baru.
Kepala SDN 1 Kalianget, Bpk PRIYANTO,, M.Pd. menyampaikan rasa suka citanya atas terpilihnya SDN 1 Kalianget sebagai Pelaksana Program Sekolah Penggerak. ”Dengan terpilihnya sekolah kami sebagai salah satu pelaksana Program Sekolah Penggerak merupakan proses bagi kami menuju sekolah yang lebih unggul dan berkualitas,” ujar Bapak Kepala SDN 1 Kalianget

Menurut Kepala Sekolah, sekolah yang dipimpinnya tersebut telah mengalami peningkatan baik dari segi fisik bangunan dan juga prestasi akademik.

“Saat ini sekolah telah melakukan banyak perubahan dan pebenahan seperti perbaikan ruang Aula, pagar, Pintu gerbang yang milenial SD Negeri 1 Kalianget yang megah.  Selain itu,  jumlah kelas juga mengalami  peningkatan,” ungkapnya.

Kepala Sekolah berharap, SDN 1 Kalianget tetap komitmen dalam meningkatkan mutu sekolah untuk dapat mencetak generasi-generasi penerus yang berprestasi. “Semoga kita dapat terus meningkatkan mutu sekolah kita,” harapnya.
Adapun, terkait mutu sekolah, jelasnya, SDN 1 Kalianget yang terletak di kawasan jalur pantura pinggir jalan nasional 1, sudah banyak memperoleh berbagai prestasi, di antaranya pernah memperoleh sederet gelar sebagai Sekolah Adiwiyata, Sekolah Model, Sekolah bersih dan sehat. Bahkan, Kepala SDN 1 Kalianget juga pernah terpilih sebagai Kepala Sekolah berinovasi lebih dari satu karya pada tahun 2020 dan 2021.
“Guru-guru juga demikian, pernah meraih prestasi yang gemilang seperti lolos menjadi pendamping Guru penggerak,” yaitu Bpk Muhammad Anwarudin, M.Pd.
Selain itu, tambah Priyanto, SDN 1 Kalianget juga telah melahirkan siswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Tampak jelas di ruang kepala sekolah banyak piala tertata di lemari khusus.
“Dalam sederet prestasi yang diperoleh SDN 1 Kalianget ini, tidak terlepas dari kedisiplinan dan keteguhan dalam proses belajar mengajar dan ekstrakurikuler. Tahun pelajaran 2022/ 2023 masa pandemi sudah berakhir dan dinyatakan boleh melakukan pembelajaran tatap muka sekolah menerapkan jam masuk pembelajaran mulai pukul 06.45 WIB, hal ini dilakukan untuk membiasakan siswa beraktivitas sejak awal pagi,” imbuhnya.

dari semua prestasi tersebut menjadikan kepala sekolah paham betul secara menyeluruh untuk bisa lolos program sekolah penggerak angkatan 2 tahun ini.